Afina's Portofolio
PANDUAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA KELAS VIII
A. KATA PENGANTAR
Buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi bahasa Indonesia yang baik, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam kegiatan sosial. Buku teks ini berbasis genre yaitu pendekatan pembelajarannya yang isinya dengan membangun konteks, menelaah model/dekonstruksi teks, latihan terbimbing, dan unjuk kerja mandiri. Setiap bab dalam buku ini dikembangkan dengan menggunakan kurikulum 2013 sebagai acuan penyusunannya. Dalam kurikulum 2013 ini bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menalar. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam kurikulum 2013, siswa diberi tugas untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Buku teks ini juga dilengkapi dengan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu tersusunnya buku ini. Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat dalam memperoleh keterampilan berbahasa Indonesia dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar, semoga sukses. Bandung, Desember 2018 Tim Penulis
B. RIWAYAT HIDUP PENULIS
Siti Afina Saleha, lahir di Cimahi, 10 Desember 1996. Ia tumbuh besar di Kota Cimahi. Sekarang ia sedang menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia semester 5, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Siti Afina hobi membaca novel.
Alya Syafira Wijaya. Dilahirkan di bandung 28 mei 1998, sedang menimba ilmu di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kita dapat berdiskusi atau sekedar bercengkrama ringan melalui surat elektronik Alyalyajoplin@gmail.com
Anindya Putri Lesmana, lahir di Tasikmalaya 2 Maret 1997. Kini ia sedang menuntut ilmu di Univesitas Pendidikan Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2016. Anindya memiliki hobi membuat cerita dan menonton film. Alamat email yang bisa dihubungi anindyaputril@yahoo.com
Ayu Tyas Pramesti lahir pada tanggal 14 Mei 1998 di kota Bandung. Memiliki keinginan menjadi seorang pengajar Bahasa Indonesia sehingga menjalani pendidikan S1 di Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki kesenangan terhadap film dan musik.
Hana Luthfia Qudratunada lahir di Bandung, 8 Oktober 1998. Kini tengah menempuh pendidikan di Universtas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016.
Rizmi Nur Andari, lahir di Bandung, 12 Agustus 1998. Ia tumbuh besar di Kota Cimahi. Sekarang ia sedang menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia semester 5, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Rizmi hobi menyanyi.
C. KARYA 1
MENGENAL CERPEN LEBIH DEKAT
A. KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, memberikan kecerdasan ilmu dan wawasan, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan modul pembelajaran cerpen. Salawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad Saw, kepada keluarganya, kepada sahabatnya dan sampai kepada kita selaku umatnya yang mudah-mudahan selalu taat pada ajaran-Nya, Amin. Dalam modul ini siswa akan mempelajari hal-hal sebagai berikut: (1) hakikat cerpen, (2) unsur-unsur pembangun dari cerpen, dan (3) nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerita pendek. Setelah mempelajari modul ini, siswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep dari hakikat cerpen, unsur-unsur pembangaun dari cerpen, nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerpen, serta siswa diharapkan dapat mengaplikasikan nilai-nilai didaktis yang terkandung pada cerpen tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menyadari bahwa modul ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak demi modul yang lebih baik kembali di masa mendatang. Akhirnya, semoga modul ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis.
B. PENDAHULUAN
Kalian tentu sudah tidak asing dengan kata “cerpen” bukan? Kalian pasti pernah membacanya. Cerpen dapat dijumpai pada media masa cetak ataupun media masa daring. Apakah Kalian pernah menemukan keunikan atau daya tarik dalam cerpen? Jika Kalian membaca cerpen dengan memahami ceritanya dengan baik, Kalian tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari cerpen tersebut mulai dari pengalama, nilai-nilai kehidupan, pengetahuan, bahkan nilai yang terkandung dalam cerpen dapat Kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini Kalian akan dituntun untuk untuk memahami cerpen secara rinci. Pemahaman cerpen ini meliputi hakikat cerpen, unsur-unsur pembangun cerpen, dan nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalam cerpen. Sehingga Kalian dapat memahami cerpen secara utuh. Pada modul ini, Kalian diharapkan mampu memahi hakikat cerpen, mengidentifikasi unsur-unsur pembangun cerpen, dan mampu memahami nilainilai didaktis yang terdapat dalam cerpen. Tujuan pembelajaran modul ini adalah sebagai berikut; 1. Mengetahui hakikat cerpen; 2. Mengetahui dan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun cerpen; 3. Mengidentifikasi nilai-nilai didaktis di dalam cerpen. Modul ini dikelompokkan dalam tiga kegiatan belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran modul. Untuk memahami modul secara tuntas, Kalian diharpkan mengikuti setiap langkah-langkah yang terdapat dalam modul ini. Kalian diharapkan mampu memahami materi dan contoh analisis tiap materi dalam modul ini sebagai keberhasilan Kalian dalam memahami modul ini
C. KARYA 2
0 Response to "Afina's Portofolio "
Post a Comment